Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Monday 20 February 2017

SIBASO

Sibaso adalah paranormal yang dapat meramal/menerawang dan memperkirakan kejadian-kejadian yang akan datang dan berguna untuk menentukan waktu yang baik atau buruk untuk melaksanakan suatu kegiatan, terutama yang berkaitan dengan hal-hal bercocok tanam di ladang, seperti memperkirakan waktu yang tepat untuk membuka perladangan, mulai menanam, jenis tumbuhan yang akan di tanam, tempat yang cocok untuk bercocok tanam, dll. Selain meramal/menerawang tentang bercocok tanam sibaso juga dapat sebagai penyembuh dan dapat mengobati apabila ada warga yang terganggu kesehatannya.
Dalam kepercayaan suku pakpak, dahulu Sibaso bertugas untuk membantu seorang Pertaki dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan tanggungjawabnya dalam menjalankan pemerintahan di sebuah lebuh.
Sibaso sedang melakukan ritual dalam acara menanda tahun si sada rube di Simenoto


Seiring perkembangan jaman peran sibaso dalam membantu menjalankan pemerintahan sudah mulai berkurang, namun sibaso tetap berperan dalam ritual adat Pakpak  yang masih tetap dilaksanakan seperti dalam acara ritual adat menada tahun. Dalam acara ritual adat menanda tahun sibaso akan bertugas untuk meramal/menerawang kejadian-kejadian yang akan datang yang berkaitan dengan pertanian. Seperti kapan waktu yang tepat untuk memulai membuka lahan, jenis pertanian apa yang cocok untuk dikembangkan dan tempat mana yang paling cocok untuk ditanami. Hasil dari ramalan/terawangan si baso ini akan berlaku untuk satu tahun ke depan dan berlaku pada ulayat tanah yang melakukan upacara adat menanda tahun. 

No comments:

Post a Comment