Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Tuesday 7 February 2017

"MOCCAK" Salah satu Seni Bela Diri Suku Pakpak


 Moccak merupakan salah satu jenis seni bela diri Khas suku Pakpak. Moccak terbagi menjadi beberapa yaitu Tatak Moccak dan Moccak untuk beladiri/bertarung.
Tatak moccak biasa digunakan sebagai hiburan pada acara-acara tertentu dan masih sering digunakan sampai saat ini, biasanya tatak moccak ini diiringi oleh musik khas pakpak yaitu genderang.
Moccak untuk beladiri/bertarung digunakan untuk bertarung atau membela diri dari serangan lawan. Bela diri Moccak ini menggunakan kecepatan, kekuatan, kelincahan dan juga mengandung ilmu tenaga dalam. sebab itu  moccak ini tidak sembarang orang yang boleh mempelajarinya karana bisa disalah gunakan dan untuk mempelajarinya juga harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh guru seperti harus berpuasa, bertapa dll.
 Tidak diketahui siapa orang pertama yang mengajarkan dan menyebarkan bela diri moccak ini. Namun diperkirakan seni bela diri Moccak ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Namun dilihat dari perkembangannya terkesan kurang diminati oleh kalangan generasi muda. Namun sampai saat ini masih ada beberapa perguruan/sanggar bela diri yang masih eksis seperti sanggar beladiri moccak binaan SMK Negeri Pergetteng-getteng sengkut. 




No comments:

Post a Comment