Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Wednesday 15 February 2017

Memerre Nakan Pagit

Nakan Pagit merupakan salah satu makanan yang hanya diperuntukkan bagi perempuan yang sedang hamil dan biasa diberikan kepada perempuan yang sedang hamil pada usia kandungan 3 sampai 7 bulan. Pemberian nakan pagit ini juga biasa diberikan oleh Ibu si perempuan dan diberikan pada pagi hari menjelang siang. Nakan pagit sering juga disebut dengan Nakan Merasa.
Pemberian Nakan Pagit atau Nakan Merasa merupakan salah satu kearifan lokal suku Pakpak yang perlu dilestarikan karana bersifat positif dan dapat memberikan motifasi kepada orang yang diberikan.
Pemberian nakan pagit atau nakan merasa bertujuan untuk memberikan dukungan moril kepada perempuan yang sedang hamil agar memiliki kekuatan bathin dan ketahan tubuh sehingga terhindar dari segala macam penyakit dan kuat dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari hingga tiba masa persalinan.
Cara membuat Nakan Pagit atau nakan merasa tersebut juga tidak terlalu rumit dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga relatif murah dan mudah didapat.
Bahan yang digunakan yaitu  berupa beras yang dicampur dengan bungke (buah dari tumbuhan yang rasanya pahit menyerupai Cempokak), singgaren (tumbuhan yang wangi), Cempokak (rimbang), dan terong. Semua bahan tersebut dicampur lalu dimasak bersama sampai matang.

No comments:

Post a Comment