Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Sunday 12 February 2017

MENANDA TAHUN SISADA RUBE SI ENEM LEBBUH SITELLU DESA TAHUN 2017

Pelaksanaan Menanda Tahun Sisada Rube Si Enem Lebbuh Sitellu Desa (Desa Kecupak I, Desa Kecupak II dan Desa Simerpara) Tahun 2017 dilaksanakan pada hari Sabtu Tanggal 11 Pebruari 2017 bertempat di Delleng Simenoto, yang bertindak sebagai Juru Kunci (Sibaso) adalah Tema Manik.
Pelaksanaan Menanda Tahun Kali ini lebih meriah dari tahun tahun sebelumnya karena pelaksanaan menanda tahun kali ini juga digabungkan dengan peresmian bale-bale menanda tahun yang telah dibangunan oleh Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Pakpak Bharat. Pelaksanaan menanda tahun ini juga lebih meriah karena mengundang Bupati Pakpak Bharat untuk meresmikan bale-bale menanda tahun tersebut.
Dari hasil penerawangan yang dilakukan oleh Sibaso untuk satu tahun kedepan sangat cocok mengembangkan pertanian padi khusunya padi merah, dan sebelum memulai disankan agar memakan makanan yanh diinginkan"mangan solomonna be".


Penerangan dari Sibaso ini akan berhasil pada pelaksanaanya apabila kita sebagai umat beragama selalu berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa sesuai dengan Agama kita masing-masing dan tentunya selalu berusaha dan tidak hanya terpaku pada ramalan semata.
Dengan dibangunnya Bale-bale menanda tahun  di kawasan Delleng Simenoto oleh pemerintah diharapkan pelaksanaan menada tahun Sisada Rube Si Enem Lebbuh Sitellu Desa (Desa Kecupak I, Desa Kecupak II dan Desa Simerpara) semakin meningkat setiap tahunnya.
Kepada Dinas pariwisata kabupaten Pakpak Bharat diharapkan dapat menjadikan  Menanda Tahun Sisada Rube Si Enem Lebbuh Sitellu Desa ini sebagai salah satu Event tahunan yang dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan luar Pakpak Bharat.

No comments:

Post a Comment