Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Sunday 19 April 2015

MEJAN (MENHIR)

Foto : Mejan Manik Aritutun
Mejan (Menhir) merupakan salah satu benda cagar budaya yang ada pada suku Pakpak. Mejan merupakan patung batu berbentuk gajah yang ditunggangi oleh manusia. Dalam kepercayaan suku Pakpak, mejan diyakini memiliki kekuatan gaib yang telah ditanamkan oleh pembuatnya sejak dahulu dan merupakan lambang kebesaran dan kekuatan bagi masing – masing marga pada suku Pakpak. Mejan juga dijadikan sebagai pelindung suatu kawasan/wilayah masing-masing marga yang ada di Tanah Pakpak.
Jaman dahulu juga diyakini bahwa mejan dapat bergerak dan berjalan sesuai perintah yang empunya, beberapa narasumber menyebutkan sampai saat ini kekuatan gaib mejan tersebut juga masih bisa dirasakan. 
Mejan batu tersebut diyakini telah berumur ribuan tahun dan sampai saat ini masih dapat ditemui di beberapa lokasi di Kabupaten Pakpak Bharat.


Beberapa mejan yang masih ada seperti Mejan Berutu Kuta Kersik di Desa Singgabur, Mejan Boangmanalu di Desa Boangmanalu, Mejan Manik Aritutun di Desa Aornakan, Mejan Manik Kecupak di Desa Kecupak I, Mejan Mejan Tinendung di Sukarame, dan masih banyak mejan-mejan milik marga-marga pakpak yang tersebar di berbagai tempat.  


No comments:

Post a Comment