Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Monday 4 May 2015

TATAK PADA PESTA ADAT “KERJA PAKPAK”

Dalam Pelaksanaan Pesta Adat  "Kerja Pakpak" pada adat suku Pakpak tidak terlepas dari kegiatan seni,  seperti seni tari dan seni musik yang biasa disebut "Tumatak" dan “mergenderrang”.
Setiap Penyambuatan undangan yang datang pada Pesta adat “Kerja Pakpak” selalu diiringi dengan Instrumen musik genderrang Yaitu alat musik tradisional pada Suku Pakpak. Instrumen musik genderrang tersebut juga harus disesuaikan dengan undangan yang datang. Apakah yang datang Berru Mbelga, Sinina, Raja/Undangan, atau Kula-kula.
Sebelum menyambut para undangan terlebih dahulu tuan rumah “sukut” akan melakukan acara Tatak dengan Genderrang Kesukutan yang disebut genderrang Raja. Dalam sesi ini tuan rumah “sukut” akan menari mengelilingi jerretn yang telah di pasang dan diiringi dengan genderrang kesukuten.
Setelah selesai genderrang Kesukuten, akan dilanjutkan dengan menyambut Brru Mbelgah. Pada Sesi ini Sukut akan menyambut kedatangan Brru Mbelgah yang membawa oleh-oleh yang biasanya berupa Uang, Kelapa, Pisang, Beras, dll. Penyambutan diiringi dengan genderrang Mengera-era Brru Mbelgah.
Selanjutnya akan dilanjutkan dengan menyambut Sinina. Pada Sesi ini Sukut akan menyambut kedatangan Sinina, penyambutan yang dilakukan diiringi dengan instrumen genderrang Mengera-era Sinina.
Selanjutnya akan dilanjutkan dengan menyambut Raja/Undangan. Pada Sesi ini Sukut akan menyambut kedatangan Undangan atau yang biasa di sebut para Raja, penyambutan yang dilakukan diiringi dengan instrumen genderrang Mengera-era Raja/Undangan.
Selanjutnya akan dilanjutkan dengan menyambut Kula-kula. Pada Sesi ini Sukut akan menyambut kedatangan Kula-kula, penyambutan yang dilakukan diiringi dengan instrumen genderrang Mengera-era Kula-kula.
Setelah Selesai acara penyambutan seluruh undangan Pesta Adat “Kerja Adat Pakpak”, baru boleh dilanjutkan dengan acara yang lain sesuai yang telah disepakati.
Selain dari Instrumen Genderrang Raja dan Genderang Mengera-era tersebut diatas masih banyak jenis genderrang sesuai dengan fungsi dan tujuannya yang antara lain :  
·         Genderrang Raja
·         Genderrang Mengera-era
·         Genderrang Merre Gembaan
·         Genderrang Rame-rame (Gendang Siribur-ribur) untuk muda-mudi
·         Genderrang mbuah Page, masa Merani
·         Genderrang Suyuk-suyuk mendahi Puang
·         Genderrang Elek-elek Mendahi Berru
·         Genderrang Kesakat-sakaten (Bubar Pesta)
·         Genderrang Mengendasi. Gendang Simate dan Sunggul Nameddem. Ndungo Ke Kalake Ulang i saran biang simate enda

No comments:

Post a Comment