Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Monday 4 May 2015

MERKASE SALAH SATU WARISAN BUDAYA PAKPAK

Merkase merupakan salah satu budaya membersihkan diri menjelang bulan Suci Ramadhan yang dilakukan oleh suku pakpak khususnya yang beragama Islam. Tujuan dari merkase pada suku pakpak adalah agar orang yang akan melaksanakan puasa pada bulan suci Ramadhan tersebut lebih khusuk dalam melaksanakan ibadahnya.
Tidak diketahui sejak kapan pelaksanaan Merkase ini mulai diterapkan oleh Suku Pakpak dan siapa yang pertama yang melakukannya. Namun dari penuturan berbagai sumber merkase ini sudah dilakukan turun-temurun oleh suku Pakpak dan beberapa sumber meyakini kegiatan merkase ini dilakukan sesuai dengan kebiasaan leluhur suku pakpak mereka yang diyakini berasal dari India yang biasa melakukan pembersihan diri di Sungai Gangga.
Bahan-bahan yang digunakan :
Jeruk Purut
Beras, dan
Kunyit.
Cara Membuat :
Beras dan kunyit di tumbuk halus lalu di tambahkan perasan jeruk purut.

Cara Penggunaan :
Pelaksanaan merkase biasa dilakukan sore menjelang malam, terlebih dahulu mandi seperti biasa, setelah bersih, ambil ramuan merkase yang telah disiapkan tadi lalu diminum sedikit dan selebihnya dibalurkan ke kepala dan seluruh tubuh, lalu dibilas sampai bersih.

Budaya merkase ini belum pernah dipertanyakan kepada tokoh agama apakah kebiasaan merkase ini bertentangan dengan hukum Islam atau tidak.

Dalam hal ini penulis bukan ingin memperdebatkan tentang halal atau haramnya  tetapi hanya ingin berbagi pengetahuan tentang Budaya pada suku Pakpak dan penulis berharap agar budaya yang telah diwariskan kepada kita ini tetap terjaga dan lestari serta tidak dilupakan oleh generasi muda Pakpak. 
Njuah- Njuah..

No comments:

Post a Comment