Ayoo...berwisata ke Pakpak Bharat..., Negeri seribu Air Terjun di Atas Awan

Sunday 7 June 2015

DELLENG “GUNUNG” SIRANGGAS

Foto : Delleng Siranggas
Pakpak Bharat terletak di kawasan bukit Barisan sehingga memiliki wilayah hutan lindung dan pegunungan yang sangat banyak, Salah satunya yaitu Delleng “Gunung” Siranggas yang terhampar di antara lima kecamatan  yaitu Kecamatan Salak, Kecamatan Pergetteng-getteng Sengkut, Kec. Tinada, kecamatan Kerajaan dan Kec. Pagindar. Suaka alam di pegunungan ini memiliki aneka ragam hayati yang sangat beragam, antara lain orang utan yang sudah langka dan diperkirakan spesies ini hanya ada di Delleng “Gunung” ini. Delleng “gunung” ini juga dihiasi berbagai macam spesies Flora  seperti anggrek, Bunga Bangkai, dan berbagai jenis tanaman hutan lainnya.
Bagi pecinta alam, gunung ini juga dapat dijadikan refrensi untuk menguji nyali dengan mengikuti napak tilas melalui Desa Kecupak II Kec. Pergetteng-getteng Sengkut dan keluar melalui Desa natam Kec. Tinada. Dalam perjalanan tersebut anda akan disuguhi pengalaman memanjat tebing-tebing gunung dan melewati  tujuh tingkat air terjun yaitu air terjun sintutung, dan jika beruntung anda juga bisa menjumpai berbagai jenis buah-buahan khas hutan pakpak bharat seperti buah keppeng,Buah otor-otor, Buah bonien, Buah Sengkut dan lain-lain.
Sesampainya di puncak delleng Siranggas kita bisa melihat bentangan alam yang sangat indah dari ketinggian yang akan memanjakan mata kita. Pada Setiap Bulan agustus sampai bulan Nopemer setiap tahunnya kita juga bisa mengikuti kegiatan masyarakat yaitu merbanto. Merbanto  yaitu kegiatan menangkap burung lempistik dan Burung Pamal yang hanya bisa dilakukan pada Bulan Agustus sampai Bulan Nepember setiap tahunnya. Keberadaan Burung Lempistik masih misteri karena hanya ada pada musim-musim tertentu. Menurut penyampaian dari berbagai sumber, Burung Lempistik dan Burung Pamal berkaitan dengan legende dari salah satu marga pada suku Pakpak. Masyarakat meyakini burung-burung ini merupakan burung kiriman dari laut yang tidak beranak dan tidak diperanakkan.

No comments:

Post a Comment